Senin, 04 Januari 2010

Di Balik lagu ISABELLA, ternyata menghina ISLAM !!





Ini bukan karena produk malaysia, tapi ini sebuah Fakta. Lagu Isabella yg poluper di tahun 90an dan sekarang masih juga populer ternyata penuh kontroversi. Lagu ini sebenarnya tidak lebih dari prasasti kepiluan Umat Islam Andalusia (Spanyol), setiap alunan lagu ini adalah seperti membuka kembali kepedihan yang pernah dialami umat Islam di wilayah Granada (Spanyol bagian Selatan) di akhir abad 15 tersebut, mendengar lagu ini adalah seperti memaksa kita untuk mengingat-ingat terus akan penderitaan Umat Islam Andalusia pada waktu itu, lirik lagu ini seakan ingin mengabadikan ‘kemenangan besar’ kaum Katholik atas kaum Muslimin disana.,
judul lagu ini bahkan seperti sedang menyanjung sang aktor intelektual dibalik peristiwa bengis yang dialami umat Islam waktu itu, yaitu Ratu Isabella.


Sejarah mencatat, pemusnahan etnis dan agama pertama dan terbesar di Eropa terjadi ketika Isabella I (Ratu Castile) dan suaminya, Ferdinand V (Raja Aragon) berhasil menggulingkan pemerintahan Sultan Muhammad XII (Kesultanan Islam terakhir di Granada) pada 2 Januari 1492 M., sejak saat itu, runtuhlah kejayaan Islam di Andalusia setelah bertahan selama lebih dari 8 abad, dan dimulailah abad kegelapan bagi Umat Islam Andalusia.

Dibawah kendali Isabella dan suaminya (Ferdinand) umat Islam Granada diberikan 3 pilihan yang sulit, pertama- masuk agama mereka (Katholik), kedua- Keluar dari Tanah Air (Andalusia), Ketiga- kalau tidak mau keduanya (masuk katholik dan keluar Andalusia) akan dibunuh dengan cara dibakar, beberapa diantara kaum Muslimin, demi kelangsungan hidupnya lebih memilih opsi pertama (masuk Katholik), akan tetapi paling banyak adalah yang mempertahankan keislamannya, meskipun harus terusir dari tanah airnya, meskipun harus mati terpanggang, akibatnya bisa ditebak, ribuan Muslim meninggal baik karena dibakar maupun karena kelaparan didalam perjalanan keluar dari tanah airnya, dan ratusan ribu yang lainnya terusir dan kemudian tinggal disekitar pantai Utara Maroko dan Tunisia (Afrika Utara) dan sebagian wilayah Turki.

Tidak itu saja, semua masjid di Granada kemudia dialih fungsikan menjadi gereja katholik, termasuk Masjid Kordoba yang megah itu, yang sejak saat itu berubah menjadi Gereja Santa Maria de la Sed, perpustakaan-perpustakaan Islam dikeluarkan isinya, kemudian ratusan ribu buku-bukunya dibakar habis, maka peradaban Islampun hilang dari bumi Andalusia (Spanyol) hingga saat ini, yang tersisa hanya cerita-cerita tentang kejayaan Islam zaman dahulu melalui peninggalan-peninggalan yang masih ada seperti istana Al-Hambra dan masjid Kordoba yang tersohor seantero dunia tersebut.

Perhatikan dengan seksama reffrent lagu Isabella tersebut :

Reff:
Dia isabella, lambang cinta dan prahara
Terpisah karena adat yang berbeda
Cinta gugur bersama daun-daun kekeringan

Lambang Kekuatan Cinta Isabella dan Ferdinand yang mempersatukan dua kerajaan Katholik besar (Castile dan Aragon), yang akhirnya bisa menggulingkan pemerintahan Islam Granada yang sudah bertahan 8 abad lebih, namun darinya kemudian menimbulkan prahara kemanusiaan yang hebat bagi kaum Muslimin Granada.

Kaum Muslimin Granada harus berpisah dengan Tanah airnya hanya karena agama yang berbeda dengan penguasa baru Granada (Isabella dan Ferdinand).

Cinta mereka (Isabella dan Ferdinand) jatuh bersama kaum Muslimin yang mati kelaparan karena terusir dari Tanah Airnya maupun karena mati terbakar laksana daun-daun kekeringan.

Jadi masihkah kita ingin mendengar lagu tersebut, akankah kita biarkan anak-anak kita menyanyikan lagu kemenangan Isabella atas penderitaan kaum muslimin Granada tersebut, jawaban selanjutnya ada pada anda sendiri??



Sumber :
http://keunikan-dunia.blogspot.com

12 komentar:

aiwankisra mengatakan...

waw...kaget abang lihat tulisan nya lia, hehe..
kaget nya abang bukan karena baru tau, abang udah tau kok cerita sejarah tentang ratu isabella dan pangeran ferdinand..sejarah peradaban cordoba, sevilla,granada serta kekalifahan Ummayah periode ke dua ini (ommayehd dinasty).
dan abang fans berat tentang semua bacaan sejarah islam ini...*berapi-api*

tapi, jika di bandingkan dengan lagu malaysia issabela ciptaan Amy dan sekaligus pelantun sehingga meledak lah albumnya di awal tahun 90an, maka akan sangat janggal sekali kalo dihubungkan dengan artikel di atas..

pertama:
lagu isabela itu tak ada hubungannya dengan pembantaian di spanyol(al andalusia)tersebut.karena dari lirik dan syairnya saja sudah jauh berbeda dan tak ada sinkronisasi antara lirik lagu isabella tersebut dengan cerita kemalangan umat islam pada masa itu.

kedua:
di awal artikel ini tertulis "Ini bukan karena produk malaysia"..jadi sudah jelas tidak ada hubungan nya kan??

ketiga:
lalu di bagian tengah artikel ada terselip sedikit syair dari refrain lagu tersebut

Dia isabella, lambang cinta dan prahara (prahara aslinya - lara)

hati hati loh...mengubah lirik sama mengubah arti sebuah lagu...

ada lagi menurut amy sendiri (yang mencipta lagu isabela) dia menciptakan lagu ini tak lain dan tak bukan hanya sebagai hiburan saja...seperti yang kita tahu bahwa beliau adalah musisi islam malaysia maka tidak mungkinlah kita berpikir tentang niatnya untuk merobek robek hati umat yang se agama dengannya...

mohon dipahami dan dikoreksi kembali ya lia...
kalo abang ada salah kata..hmmm terima saja...!
kan ini menurut saya...hahaha...yang lain boleh kasih pendapat.

di tunggu hal2 mengajuikan salanjuiknyo dari lia..haha

guspianti(Lia) mengatakan...

haha...

susah kalo ngomong ma masternya nih..
coba deh bang baca lagi penjelasan setelah penulisan lirik tadi itu...

Ps : mana postingannya di blog abang??? kok ndak da??

aiwankisra mengatakan...

iyo beko abg baca kembali lah elok elok...sementara ini lah pendapat abang dulu...hohoho..boleh berpendapat?...saya bukan ahlinya..cuma orang awam yang coba bertieriak-teriak...hehehe

soal blog abg masih dalam pengembangan...(dulu udah ada, tapi abg hapus lagi)
di maintenance dikit dulu...blum posting apa apa soalnya...abg lagi sibuk nyiapin postingan perdananya yang harus WAH!..hehehe...emang apaan sih? ntar di kasih tau...
okey lia?
sering sering aja kunjungi...soalnya distu abang mau beberkan(emang rahasia?) sesuatu yang pasti menarik...tentu saja dengan cara myawbalang...hehehe...

harun mengatakan...

Jangan menulis sembarangan ya, ngarang-ngarang saja anda ini. Awas, anda bisa ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara jika tidak bisa mengklarifikasi atas tuduhan dan fitnah anda ini

Anonim mengatakan...

Maaf yah .. kaykny gak ada hubungannya deehh .. Lagunya sama penghinaan islam .. Intopeksi diri dululah kitee , sebelum ngejudge yang laen .. kita sbg umat Islam udah becus belum ??

Song Hye Ah (Mikazuki) mengatakan...

kurang ajar tu yg ciptain lgu.a kampret mati aja tu org !!!!
lgian aq jga gk suka lgu.a dri dlu kyk lgu2 gereja gmna gtuh ..
ahhkkk kampret tu yg nyanyi palagi yg ciptain lgu ntu moga2 dpt blasan dri Allah swt amin ....

Anonim mengatakan...

Jangan nulis kata kata sembarangan ya,
ngarang ngarang aja anda ini. awas. anda bisa ditangkap dan dimasukan kedalam penjara jika tidak bisa menklarifikasi atas tuduhan dan fitnah berbau s.a.r.a anda ini.

Anonim mengatakan...

Jangan nulis kata kata sembarangan ya,
ngarang ngarang aja anda ini. awas. anda bisa ditangkap dan dimasukan kedalam penjara jika tidak bisa menklarifikasi atas tuduhan dan fitnah berbau s.a.r.a anda ini.

Anonim mengatakan...

Jangan nulis kata kata sembarangan ya,
ngarang ngarang aja anda ini. awas. anda bisa ditangkap dan dimasukan kedalam penjara jika tidak bisa menklarifikasi atas tuduhan dan fitnah berbau s.a.r.a anda ini.

Anonim mengatakan...

Jangan nulis kata kata sembarangan ya,
ngarang ngarang aja anda ini. awas. anda bisa ditangkap dan dimasukan kedalam penjara jika tidak bisa menklarifikasi atas tuduhan dan fitnah berbau s.a.r.a anda ini.

arifin ipin mengatakan...

jadi manusia jangan negatif tinking mulu apa......dewasa bro...

@septydelyana mengatakan...

maaf, kayaknya gak ada hubungannya deh, mungkin cuma kebetulan.. atau.. Anda sudah tanya kebenarannya sama si pencipta? kalo belum, hati2 ntar pencemaran nama baik :))